Cara Meningkatkan Kinerja Laptop/PC Tanpa aplikasi

 


   


      Pagi sobat,kali ini saya ingin sharing ilmu tentang  bagaimana cara meningkatkan kinerja komputer tanpa harus susah payah instalasi aplikasi di Laptop maupun PC anda. Karena jika kita menggunakan aplikasi untuk meningkatkan kinerja komputer justru malah menambah kapasitas hardisk yang digunakan,  Sobat pasti pernah merasakan betapa tidak kesal ketika Laptop/PC kita beroperasi sangat lamban, saya sendiri pun pernah merasakan sendiri ketika Kinerja Laptop saya berjalan lambat.  saya sedikit merasa kesal, namun kesal saya hilang ketika seorang Dosen saya memberitahu bagaimana meningkatkan Kinerja komputer tanpa aplikasi, Tanpa berpikir panjang saya melakukan hal itu. namun sebelum kita beranjak tentang "Bagaimana meningkatkan kinerja komputer" kita sebaiknya tahu terlebih dahulu mengapa Kinerja Laptop/ PC kita lamban, agar kita dapat menanganinya dengan mudah dan tidak menimbulkan Efek samping,efek  samping kaya minum obat aja ada efek samping. Iya... soalnya jika kita sembarangan otak-atik sistem tanpa kita tahu sebabnya dan kita asal-asalan maka yang rugi kita juga kan, bukannya komputer makin stabil malahan semakin lamban.

Mengapa Laptop/PC anda lambat/lemot(bisa juga dikatakan kaya siput)

1. Karena terlalu banyak aplikasi yang diinstal sehingga memakan space hardisk yang lumayan banyak.
2. Karena terlalu banyak membuka aplikasi yang di jalankan secara bersamaan, hal ini sering kita lakukan ketika tanpa kita sadari karena sesuatu hal yang membuat kita untuk membuka aplikasi dalam jumlah banyak dalam sekali jalan.

3. Kemungkinan karena adanya sampah program yang tanpa kita sadari telah menumpuk selama kita menggunakan Laptop/PC. Sehingga sampah-sampah yang menumpuk didalam hardisk membuat Laptop/PC kita bekerja sangat lamban karena sampah tersebut telah memakan space hardisk yang semestinya tidak digunakan.

4. Terlalu banyak program yang berjalan ketika Start Up, karena jika terlalu banyak program yang berjalan ketika pertama kali Laptop/PC kita menyala akan membutuhkan waktu untuk pertama kali menyala, mungkin yang tadinya Star Up cuma 1 menit, mungkin menjadi 2 menit atau lebih.

5. Kemungkinan karena ada virus yang sedang berkeliaran di Laptop/PC anda, sehingga virus tersebut mengganggu kinerja komputer anda. Virus ini beragam macamnya ada yang cuma iseng-iseng masuk ke program kita, ada yang tipe menggandakan, menyerupai file kita yang berada di Laptop/PC atau bahkan tipe Virus perusak dan masih banyak tipe virus yang pernah kita jumpai. maka dari itu kita harus bisa siap siaga menjaga Laptop/PC kita dari serangan virus, makannya Gunakan antivrus yang sudah teruji secara Nyata Misalnya Gunakan Antivirus AVAST,NORTON,ESET NOD32, AVG ANTIVIRUS, KESPREY dan masih banyak lagi antirus lainnya. dan yang AMAT PENTING
*Hati-hati ketika mendownload File dari internet, karena virus lebih suka berada dalam file-file download karena jarang orang mengira bahwa file yag didownload aman.
*Hati-hati ketika menyolokan Flashdisk orang lain, karena kita juga tidak tahu apakah Flashdisk orang lain yang kita tancapkan di Laptop/PC kita mengandung virus atau tidak, kalau bisa kita tanyakan dulu kepada teman kita apaha Flashdisk itu aman atau tidak,sooo simple kan.

SOLUTION 

1. Jika terlalu banyak aplikasi yang diinstal
   Lebih baik kita mengurangi aplikasi yang menurut kita tidak terlalu penting atau aplikasi yang jarang kita gunakan dengan cara Unistal program tersebut, Jika ingin menunistall Program tersebut tanpa ada sisa, hehe kaya makanan aja ada sisa-sisannya. ya maksdnya agar sisa instalan di komputer kita dapat hilang, karena seperti yang sudah dijelaskna diatas, sampha dapat mengurangi kinerja kompter, untuk mengunistal bisa menggunkan aplikasi Revo Unistaller , karena saya sendri pun menggunakannya bagi yang berminat langsung saja, gratis kok,,,hehe, dan kebetulan Aplikasi ini sudah PRO karena sudah terdapat Pathnya.

Untuk mendownload Aplikasi Revo Unistaller Bisa KLIK DISINI

2. Karena terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan.
   Kurangi penggunaan aplikasi yang kita gunakan yaitu dengan cara bergantian saja,atau minimal membuka 3 aplikasi secar bersamaan,

3. Karena sampah program menumpuk di Hardisk
     Saking banyaknya sampah di Laptop/PC kita dapat membuat Laptop/PC kita menjadi lemot/lambat ketika beroperasi. Caranya :
1. Pertama kita menuju ke Menu Registri dengan cara simple tekan Tombol Windows + R,kemudian ketikan "regedit" tanpa tanda petik. maka kita akan ditujukan ke menu Registri. Setelah di menu Registri :
     a.Untuk mempercepat loading windows
         Pilih HKEY_CURRENT_USER >CONTROL PANEL>DEKSTOP>kemudian pilih         "MenuShowDelay" dengan cara double klik,kemudian yang tadinya "400" diganti dengan ankga "1">Klik OK.

   c. menghapsu file sampah
        Tekan Tombol Windows + R, kemudian kitakan "Prefetch",maka perintah akan di tujukan pada Folder Prefetch yang berada di direktori C,kemudian hapus yang ada di folder tersebut, karena itu adalah file sampah dari aktivitas Laptop/PC tersebut.
kemudian tekan tombol Windows + R, ketikan "Temp",tanpa tanda petik. maka perintah akan ditujukan pada file sampah yang berada di direktori C. kemudian sama, hapus file yang berada di didalamnya.
setelah itu hapus file sampah di Recycle Bin. dan rasakan bedannya
#Cara ini adalah cara paling ampuh saya sendiri sering pakai cara ini.

4. Karena terlalu banyak program di Start Up sehingga memaksa komputer untuk bekerja lebih keras sehingga komputer beroperasi lamban,
Kurangi Program pada Start Up dengan meggunakan Task Manager > pilih Startup>tinggal kita klik aplikasi yang ingin close dengan cara klik "End Task"(Windows 7-kebawah) / "Disable"( jika di windows 8-10)
 atau dengan cara sperti dibawah ini.
Untuk mempercepat Proses booting
        Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE>      SYSTEM>CONTROLCONTROLSET>CONTROL>FILESYSTEM> kemudian buat DWORD dengan nama "NtfsDisableLastAccessUpdate" dengan nilai "1". >klik OK

5. Karena terkena virus,sehingga komputer lemot  bahkan bisa terjadi kerusakan system akibat virus maka dari itu kita disarankan untuk menggunakan Anti Virus yang handal seperti Avast,Bitdefender,AVG Antivirus,Eset Nod32 dan lainnya dan yang terpenting jangan menggunakan antivirus yang abal-abal,,
* Tapi saran sata gunakan antivirus bawaan dari windows yaitu "WINDOWS DEFENDER" karena saya sendiri pun cuma menggunakan antiviru ini, dan yang terpenting menggunakan antivirunya yang ada Menu "Real-Ontime Protection" karena hal ini yang sangat ampuh melindungi komputer dari malware yang sangat membahayakan.

Pesan saya jaga diri dan jaga komputermu dari bahaya,dan selalu gunakan komputer anda dengan bijak agar komputer anda bisa awet digunakan.

Sekian yang dapat saya sampaikan,bila ada kesalahan dalam penulisan mohon sarannya,sehingga nantinya saya dapat berbagi ilmu lebih banyak dan lebih baik lagi .


Artikel berkaitan dengan :

#Cara memperbaiki kinerja komputer
#Cara meningkatkan kinerja komputer
#Cara membersihkan file sampah di hardisk
#Cara mempercepat Proses Loading
#Cara mempercepat Proses Booting



#SENYUM SALAM SAPA"







Previous
Next Post »

2 comments

Write comments